top of page

Berlibur Tanpa Ribet

ilustrasi dok. pribadi

Menjadi ibu adalah salah satu kebahagiaan yang tak bisa dibayar dengan apapun juga. Melihat dia tumbuh dengan sehat saja sudah menjadi kebahagiaan tak terkira. Karena kakak refa termasuk anak istimewa yang dititipkan Tuhan, untuk melengkapi kebahagiaan keluarga kecil kami.


Memberikan fasilitas pendidikan yang sesuai dengan kondisi kesehatannya adalah kewajiban saya sebagai orang tua. Kadang itu saja tidak cukup, karena saya ingin mengajak dia menjadi traveler kecil untuk mengetahui banyak hal, agar dia tahu bahwa belajar kadang tidak harus dibangku sekolah. Diluar sana, ada banyak hal yang harus dia ketahui.


Membawa anak kecil bepergian itu kadang memang agak sedikit ribet, karena harus membawa segala perbekalan mulai dari makanan, minuman, alat kesehatan, pakaian dll. Bagi kakak, liburan merupakan momen dimana dia menikmati rekreasi bersama keluarga. Tapi jangan sampai liburan atau rekreasi bersama keluarga menjadi berantakan karena kurangnya persiapan. Untuk itu biasanya saya harus melakukan persiapan yang matang agar liburan bersama keluarga menjadi sangat menyenangkan.



Mencatat Barang Bawaan

Jadi, sebelum saya mempersiapkan barang bawaan, jauh hari saya sudah mencatat barang apa saja yang diperlukan untuk dibawa, ingat…barang yang benar-benar perlu dan ditempat tujuan itu tidak ada, jangan sampai barang-barang bawaan kita malah membuat mobilitas kita terganggu. Jadi jangan sampai ada satu barangpun tertinggal, karena saya punya pengalaman pada saat berlibur, karena kurangnya persiapan saat ditempat rekreasi teryata tidak bawa kamera, handphone pun lowbat…huhuhu…menyesalnya sampe sekarang.


Saya lebih suka bepergian dengan membawa satu tas saja dan memaksimalkan isinya. Tas itu biasanya berisi alat kesehatan kakak refa (nomer satu deh kalo ini), pakaian, peralatan mandi, tissue basah dan kering, kresek (biasa kadang anak kecil kalo naik kendaraan bisa mabok), dompet, handphone,charger.



Memilih tas

Sebenarnya saya ini termasuk orang yang super duper simple, gak mau ribet dengan apa yang saya bawa. Tapi tuntutan keperluan yang harus saya bawa, mengharuskan saya berpikir dua kali untuk menjadi manusia simpel. Bagaimana tidak, karena saat membawa anak otomatis bawaan jadi seabrek-abrek.


Saya sendiri pecinta tas ransel alasanya simpel sih, bawanya gak ribet, barang masuk semua. Barang untuk 3 orang masuk semua seperti pakaian, peralatan mandi, alat kesehatan kakak, dompet, handphone, charger. Satu lagi alasan saya menjadi penggemar fanatik tas ransel yaitu masalah kesehatan, bahu saya tidak capek bila harus berjalan lama sambil membawa tas dan menggandeng sikecil, karena kalo bahu ini terlalu capek larinya bisa ke kepala, kepala bisa pusing. (mungkin faktor u heee...)


Sekarang banyak sekali model tas ransel yang fashionable buat perempuan, gak terlalu maskulin juga. Banyak pilihan model , tinggal menyesuaikan kebutuhan dan karakter kita. Harga tas pun beragam, tinggal pilih saja dari yang paling terjangkau sampai harga dengan kualitas branded semua ada, tinggal disesuaikan saja dengan isi kantong kita. Kalo saya pribadi sih soal harga tas yang penting nyaman dan tetep kece badai...(eh, harga juga dipertimbangkan sih,,,hihihi)



Packing

Packing barang bawaan merupakan kunci kenyamanan kita bepergian. Coba bayangkan bila kita memerlukan salah satu barang bawaan saat sedang dijalan, tapi tidak menyusunnya dengan rapi dan benar pasti akan kerepotan sendiri mencari satu persatu, yang ada malah barang didalam tas bisa keluar semua. Salah satu kebiasaan saya waktu packing barang bawaan adalah melipat atau menggulung pakaian untuk menghemat ruang di dalam tas, memasukkan peralatan mandi, pakain dalam, alat-alat kesehatan, handphone dan charger dalam kantong plastik, untuk memudahkan packing. Manfaatkan celah sekecil apapun itu untuk barang-barang kecil karena sebaik-baik packing adalah tidak ada celah sedikitpun.


Satu lagi kebiasaan saya saat bepergian, karena berlibur tidak membeli oleh-oleh itu bagai sayur tanpa garam…heehe…maka saya selalu membawa tas satu lagi yang berbahan ringan dan bisa dilipat untuk berjaga-jaga siapa tau saat di tempat tujuan membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta.


Itu tadi adalah sedikit tips dari saya bila akan berlibur bersama sikecil agar semua bisa muat dalam satu tas. Tentu saja teman-teman banyak yang sering bepergian dan mempunyai pengalaman bagaimana mempersiapkan barang bawaan sehingga tidak mengganggu perjalanan kita saat berlibur bukan.... bagaimana ceritamu gais?


Frida Wibowo
Featured Posts
Check back soon
Once posts are published, you’ll see them here.
Recent Posts
Our Community 

Supermommy

King of Dads

Babyville

Krafty Kids

bottom of page